Ciri Baja Ringan Terbaik Standar SNI

Ciri Baja Ringan Terbaik Standar SNI

March 26, 2019 0 By admin

Semua produk yang beredar di pasaran memiliki standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Indonesia menyebut standar tersebut dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) di mana semua produk yang beredar dengan SNI maka layak digunakan. Berikut ini ada ciri baja ringan terbaik menurut Standar Nasional Indonesia.

  1. Label

Produk besi baja yang memiliki standar SNI merupakan hal yang wajib ada sebagai tanda bahwa besi baja tersebut diproduksi oleh perusahaan mana. Label yang ada biasanya berupa huruf timbul atau gambar timbul dengan simbol nama perusahaan produsen pembuat baja besi tersebut.

Label itu diberikan pada bagian ujung penampang dengan warna permanen yang tidak mudah dihapus. Warna labelnya berbeda sesuai dengan kelas dan jenis produk besi baja, intinya masing-masing memiliki warna tersendiri. Label biasanya memuat informasi warna, tanggal produksi, nomor heat serta nomor seri produksi.

  1. Kekuatan

Besi baja dengan standar SNI juga ditentukan dengan standar kekuatan masing-masing kelas produk. Misalnya antara kedua besi baja polos dan berulir memiliki perbedaan kekuatan.

  1. Warna

Dari segi warna dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) telah ditetapkan oleh BSN, besi baja harus menggunakan label warna sesuai dengan kelasnya. Warna pada umumnya diberlakukan sama meski ada juga yang berbeda karena diserahkan pada masing-masing perusahaan.

Kriteria pemberian label warna pada besi baja yang memiliki standar SNI dimulai dari besi baja kelas BJTP 24 dengan warna hitam, kelas BJTP 30 dengan warna biru, besi baja BJTS 35 dengan warna merah dan besi baja BJTS 40 menggunakan warna kuning.

  1. Dimensi

Kriteria dimensi yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia harus dipatuhi oleh semua perusahaan. Hal ini dikarenakan kriteria ini telah diperhitungkan dengan standar konstruksi dan kualitas bangunan yang terbaik.

Bagi pembeli yang awam terhadap SNI pasti akan mudah tertipu dengan tipuan oknum produsen nakal. Mereka yang memanfaatkan keadaan di mana Anda tidak tahu dan tidak cermat saat memilih besi baja terbaik sesuai standar.

Misalnya adalah produk besi baja yang satu memiliki diameter dengan lebar 10 mm, sedangkan produsen hanya membuat dengan diameter 9,1 mm. Meskipun beda tipis, namun konsumen harus jeli dalam melihat perbedaan tersebut.

  1. Harga

Dari segi harga, Anda harus dapat mengenali besi baja yang dijual memiliki standar SNI atau tidak. Biasanya besi baja dengan Standar Nasional Indonesia memiliki harga tersendiri dan bersifat umum sehingga Anda dapat langsung mengetahui karena harga yang ditetapkan itu merupakan harga pasaran. Perbedaan harga juga dipengaruhi oleh letak toko dengan pabrik pembuat besi baja standar SNI. Semakin jauh jaraknya maka harganya semakin tinggi dibandingkan dengan toko yang dekat dengan pabrik.

Itulah ciri yang dapat Anda lihat saat membeli baja ringan terbaik sesuai Standar nasional Indonesia di tokonya. Semoga bermanfaat.