Tips Memilih dan Menggunakan Griddle / Grill Pan

Tips Memilih dan Menggunakan Griddle / Grill Pan

November 27, 2018 0 By admin

Griddle adalah alat masak berupa plat yang terbuat dari logam dan bekerja dengan bantuan suatu bahan bakar yang menghasilkan panas dan dihantarkan ke dalam plat melalui proses induksi. Pada dasarnya baik itu griddle maupun grill bekerja dengan prinsip yang sama, hanya perbedaannya pada grill akan memiliki permukaan yang berbukit-bukit (ridge) sekitar 1.5 cm lebih tinggi dari permukaan plat sedangkan pada griddle permukaan platnya rata. Grill biasa digunakan untuk memasak steak yang memanfaat permukaan bergelombang tersebut untuk menghasilkan tekstur yang lebih crispy.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan bentuk pan nya bermacam-macam mulai dari kotak, bulat, persegi empat menyesuaikan sumber pemanas yang digunakan. Material yang digunakan pun beragam, mulai dari besi, besi enamel, tembaga, stainless steel sampai anodized aluminium. Griddle/ grill pan yang terbuat dari besi dapat menahan panas lebih baik dibandingkan yang terbuat dari aluminium. Jika anda memiliki budget lebih anda dapat memilih jenis pan yang terbuat dari besi enamel, karena akan lebih mudah dibersihkan. Namun jenis pan yang terbuat dari besi akan membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama jika sumber panas berasal dari perangkat electric, serta jenis pan akan mudah meninggalkan goresan pada permukaan kompor yang terbuat dari kaca.

Cara menggunakan griddle atau grill pan adalah dengan memanaskan pan selama lima menit dengan panas medium, lalu untuk memastikan permukaan pan sudah siap digunakan anda dapat meneteskan beberapa tetes air diatas pan tersebut, jika air menguap dengan cepat maka pan tersebut siap untuk digunakan. Pastikan letak kompor yang anda gunakan dilengkapi dengan ventilasi yang memadai untuk menghindari asap berlebih pada dapur anda. Lalu sebelum anda memasukkan makanan ke dalamnya anda dapat mengoleskan minyak dengan bantuan handuk bersih pada permukaan pan, untuk memastikan minyak tersebar merata pada permukaan pan sehingga makanan tidak lengket pada pan saat dimasak.

Untuk mendapatkan makanan yang terpanggang dengan baik, pastikan anda memotong makanan dengan ketebalan yang sama dan rata. Serta pastikan waktu pemanasan yang sama agar hasil yang diperoleh pun juga seragam dari tingkat kematangannya. Jika daging atau jenis makanan lain membutuhkan waktu lebih lama untuk matang anda dapat menutup griddle atau grill pan dengan tutup pan untuk menjaga kelembaban pada permukaan pan.

Selain dari kompor gas, sumber pemanasan griddle atau grill pan juga bermacam-macam, ada yang berasal dari panggangan barbeque yang berupa arang, ada juga yang berasal dari listrik. Kebanyakan pan yang digunakan di industri rumah tangga dibuat terpisah dari sumber bahan bakar, sedangkan di industri komersial (seperti restaurant dan catering), pan yang digunakan biasanya sudah melekat dengan sumber panasnya. Hal ini bergantung pada lama, jumlah dan waktu pemanasan yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan komersial tentu diperlukan waktu pemanasan yang lebih cepat dengan skala yang lebih besar pula. Sehingga dalam memilih griddle atau grill pan, anda perlu memperhatikan sasaran penggunaannya juga supaya tepat sasaran sesuai kebutuhan.