Apa itu peralatan masak horeca?

Apa itu peralatan masak horeca?

November 27, 2018 0 By admin

Horeca adalah istilah yang sering dipakai di negara-negara Skandinavia, Beneluks, dan Perancis untuk menyebut sektor industri pangan baik itu di bidang pembuatan makanan sampai pelayanannya. Horeca sendiri merupakan akronim dari hotel, restoran, dan katering. Di Indonesia, istilah ini dipakai untuk mewakili industri hospitality dan food service. Sektor ini berkembang dengan pesat terutama di benua Eropa. Dimana pada tahun 2004, lebih dari 7.8 juta orang bekerja di bidang ini karena semakin banyaknya tuntutan pasar dan trend saat itu.

Industri food service semakin berkembang seiring semakin banyaknya orang yang bekerja dengan tuntutan hidup yang tinggi. Seperti tuntutan pekerjaan yang serba cepat tentu mempengaruhi gaya hidup masyarakat juga. Sebagai contoh dengan tuntutan hidup yang serba cepat maka semakin banyak lahir restoran fast food yang menyediakan makanan cepat saji bahkan melalui drive thru sehingga orang tidak perlu turun dari mobil sekalipun. Selain itu seperti seorang wanita karir yang tidak sempat memasak di rumah, tentu semakin banyak restoran-restoran serta cafe yang muncul untuk memenuhi kebutuhan ini.

Persaingan di industri food service pun semakin kompetitif, sehingga untuk mendukung perkembangan bisnisnya, seorang pelaku usaha harus memperhatikan banyak aspek yang berpengaruh terhadap makanan dan minuman yang disajikan serta pelayanan yang diberikan. Salah satunya dengan memperhatikan peralatan masak horeca yang digunakan. Distributor peralatan HORECA atau supplier HORECA juga banyak bermunculan. Peralatan masak horeca banyak digunakan di dunia profesional karena menawarkan banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh peralatan masak biasa.

Beberapa hal yang berpengaruh secara signifikan pada bisnis horeca yang dijalankan oleh distributor peralatan HORECA atau supplier HORECA ketika menggunakan peralatan masak horeca adalah :

  1. Waktu penyiapan makanan dan minuman yang lebih cepat dan efisien
  2. Makanan/minuman yang diolah dalam satu resep atau jenis yang sama dapat dihasilkan dengan jumlah yang lebih banyak
  3. Kualitas makanan/minuman yang dihasilkan lebih terjaga dengan baik, karena biasanya ada pengaturan suhu dan waktu yang dapat diatur secara otomatis dan akurat
  4. Dapat menyajikan makanan/minuman dengan berbagai jenis dalam waktu yang bersamaan
  5. Jumlah karyawan yang diperlukan untuk mempersiapkan makanan/minuman akan lebih sedikit sehingga dapat menekan labour cost
  6. Hasil yang lebih konsisten baik itu dari segi ukuran, kematangan, kualitas, maupun kuantitas

Memang ketika membeli peralatan masak horeca diperlukan biaya yang tidak sedikit, namun jika melihat keuntungan yang sudah disebutkan diatas, tentu perlu dipertimbangkan kembali pembelian peralatan masak horeca tersebut. Umumnya peralatan masak ini digunakan di bidang komersial karena nilai investasi yang tidak sedikit, karena tentu diharapkan peralatan ini dapat menekan biaya serta meningkatkan profit pelaku usaha dengan cepat.

Pemilihan yang tidak tepat seperti penghitungan kapasitas produksi yang terlalu besar atau terlalu kecil membuat peralatan masak horeca yang sudah dipilih menjadi tidak dapat digunakan dengan optimal. Selain itu perlu dipertimbangkan juga besarnya ruangan produksi yang akan digunakan, jangan sampai peralatan masak yang digunakan membuat ruangan menjadi sesak dan menyulitkan proses produksi. Anda dapat berkonsultasi dengan distributor peralatan HORECA atau supplier HORECA sebelum melakukan pembelian.